Bhs.Indonesia - Cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja

CARA MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR
Bagaimanakah cara membuat surat lamaran kerja yang benar? sebenarnya membuat surat lamaran kerja tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dimana surat lamaran kerja hendaknya memiliki struktur berikut di bawah ini

1.Tempat dan tanggal penulisan
2.Perusahaan yang ditujukan
3.Salam hormat
4.Kata pengantar
5.Biodata pribadi
6.Pengalaman kerja dan skill
7.Harapan
8.Penutup

Syarat-Syarat dalam menulis surat lamaran kerja:

1.     Bahasa Penulisan : Gunakan bahasa penulisan yang baik dan benar usahakan sesuai dengan EYD, gunakan juga bahasa-bahasa yang lebih sopan dan santun karena hal itu akan menjadi nilai positif tersendiri bagi anda.
2.     Persyarata dari Instansi atau Lembaga : Lengkapi semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan, jangan sampai anda remehkan hal ini. Jika sampai anda remehkan maka jangan harap surat lamaran anda akan ditindak lanjuti.
3.     Kemampuan Anda : Tunjukkan kemampuan anda, jelaskan bahwa anda berkompeten dibidang ini atau itu, kalau perlu tunjukkan portofolio yang pernah anda buat, namun perlu anda ingat juga jangan terkesan terlalu menyombongkan kemampuan anda, siapa tau hal tersebut malah akan menjadi boomerang bagi anda.
4.     Cara Menulis, di ketik komputer atau tulis tangan? Terkadang seseorang lebih memilih mengirim surat lamaran kerja yang telah diketik dengan komputer kemudian dicetak, namun saya sarankan tulislah dengan tangan anda sendiri serapih mungkin, percayalah. Karena banyak yang bilang perusahaan bisa melihat kepribadian seseorang hanya dari tulisan tangannya saja.
Dalam menulis surat lamaran pekerjaan itu tidak semudah kita kirim surat kepada pacar (:D) karena surat ini permohonan kita kepada kepala lembaga atau instansi. Jadi cobalah untk menghindari kata atau kalimat yang kurang efektif. Misalnya : kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang dan berlebihan.
Kita juga dapat menuliskan beberapa prestasi kita dan kemampuan kita dalam surat lamaran, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan. Terkadang satu hal ini terlewatkan yaitu referensi. Apa itu referensi? Kita dapat juga mencantumkan referensi yang mana referensi itu adalah nama orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya). Nah jika anda masih bingung bagaimana cara menulis surat lamaran, dibawah ini sudah ada 2 contoh surat lamaran pekerjaan di sekolah dan contoh surat lamaran kerja di perusahaan, pabrik  atau PT.

Contoh surat lamaran kerja di sekolah/pendidikan.

Jatisrono, 6 Juni 2013
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada  Yth.
Kepala SMK Pancasila Jatisrono
Ngrandu Gunung Sari
Jatisrono

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi adanya lowongan guru BK di SMK Pancasila Jatisrono, maka bersamaan dengan ini saya mengajukan lamaran sebagai Guru BK.
Saya Hariyanto, laki-laki usia 24 tahun telah menyelesaikan pendidikan dengan jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan di Universitas Negeri Yogyakarta tanggal 28 April 2011 dengan IPK 3,51. Saya sangat menyukai bidang bimbingan dan konseling serta memahami proses konseling khususnya konseling remaja. Saya mempunyai pengalaman mengajar di SMK Negeri 4 Klaten selama tiga bulan. Saat ini saya sebagai pengelola utama web http://belajarpsikologi.com yang berisi tentang ilmu Bimbingan Konseling dan Psikologi.
Semoga saya dapat mengembangkan minat, bakat dan kompetensi diri saya di bidang Bimbingan Konseling serta dapat memberikan kontribusi di SMK Pancasila Jatisrono. Atas perhatian yang telah diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Hariyanto, S.Pd


Contoh surat lamaran kerja di perusahaan, pabrik (PT)



Contoh surat lamaran kerja

CONTOH SURAT LAMARAN PEKERJAAN I

Cirebon, 12 Januari 2014
Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Paradiso
Jl. Mundu 25, Kelurahan Mundu
Cirebon

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                                  Darone 88
Tempat, Tanggal Lahir       Cirebon, 16-April-1990
Usia                                    : 21 tahun
Pendidikan Terakhir           : SMKN 1 CIREEBON 
                                            : Mahasiswa STMIK AMIKOM (AKTIF) 
Alamat Asal                        Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili                              : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon                               : 08522703xxxxx

Berdasarkan Info Kerja yang dimuat di Website dan Informasi di Koran Mingguan, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawan. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer,Teknisi Komputer, Troubleshooting Hardware,Instalasi Hardware dan Software, Microsoft Word,Exel dan lain-lain. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
1.         Foto Copy Ijazah terakhir
2.         Daftar Riwayat Hidup
3.         Foto Copy KTP
4.         Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar
5.         Sertifikat Ketrampilan Khusus
Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Cirebon, 25 Feb 2014
Hormat Saya,


Darone 88

CONTOH SURAT LAMARAN PEKERJAAN II


Cirebon, 15 Januari 2014
Kepada Yth;
Bapak / Ibu Bagian Personalia / HRD
PT. Angin Ribut
Cabang Cirebon
di Tempat
Perihal             : Permohonan Pekerjaan
Lampiran         : -

Dengan hormat,
Bahwa yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                    :  DARONE
Tempat  tanggal lahir            :  Cirebon,17 Oktober 1989
Alamat                                  :  Jl.Kembangan Utara RT. 001/02 no.48 kel.kembangan                         utara Kec.Sunyaragi, Cirebon 
No telepon/HP                      :  0231-96641948

Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja kepada perusahaan yang
Bapak/ibu pimpin,

Dengan ini maka saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut ;         

1.     Daftar riwayat hidup 
2.     Foto copy izajah terakhir 
3.     Foto copy KTP 
4.     Foto copy Sertifikat Computer 
5.     Foto copy Sertifikat Kompetensi 
6.     Foto copy SKCK 
7.     Pas foto 4X6 
Demikianlah surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya atas perhatian bapak/ibu  sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. 
Hormat saya


(DARONE)

CONTOH SURAT LAMARAN PEKERJAAN
Jakarta, 8 Januari 2014
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 6 Januari 2014. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.
Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                                         Darone 88
Tempat, Tanggal Lahir              : Cirebon, 16 April 1990
Usia                                           : 21 tahun
Pendidikan Terakhir                  : STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal                               : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili                                     : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon                                      : 08522703xxxxx
Email                                         : darone_teater@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1.      Daftar Riwayat Hidup.
2.      Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3.      Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.      Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,


Darone 88

\





CONTOH SURAT LAMARAN KERJA PERUSAHAAN 1


Bali, 20 Maret 2014
Kepada Yth :
HRD PT NUSANTARA
Jl. Ahmad Yani No. 10 Singaraja Bali

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : Fahrur Rozi
Tempat/Tanggal Lahir : Singaraja, 11 Agustus 1989
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan                  : SMK Perhotelan Bina Lestari Bali
Alamat                        : Jl. Dewi Sartika No. 8 RT/RW 09/006
Telepon                       : 085252446757

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Foto copy Sertifikat Competensi
6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.


Hormat saya


Fahrur Rozi




CONTOH SURAT LAMARAN KERJA PERUSAHAAN 2


Denpasar, 21 April 2014
Kepada Yth :
HRD PT. Cahaya Abadi,
Jl. Pulau Alor No. 10 Denpasar Barat


Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                         : Ahmad Zakaria, SE
Tempat, Tgl. Lahir      : Denpasar, 29 Mei 1985
Alamat                       : Jl. Tantular No. 15 Renon Denpasar
No. Telp/HP               : 081338667711
Pendidikan                 : S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Marketing.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta, dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru
7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya

Ahmad Zakaria, SE.


Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel 1


                                                                                                                 Jakarta, 30 April 2015

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
Hotel  Maharaja
Jl. Mampang Prapatan No. 10
Jakarta

Dengan hormat,

Setelah membaca iklan yang bapak layangkan pada harian Republika pada tanggal 20 April 2015 untuk jabatan penerima tamu (receptionist), saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Saya telah menyelesaikan program diploma saya di bidang perhotelan dan pariwisata di Akademi Pariwisata Jakarta, dan berkeyakinan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Saya berusia dua puluh dua dan pernah bekerja pada perusahaan Dagang sebagai staf admin. Saya dapat berbicara dengan bahasa Inggris secara baik dan mampu mengoperasikan komputer.

Saya sangat mengharapkan kesempatan untuk wawancara, dimana saya bisa menjelaskan seluruh potensi dan kemampuan diri saya di hadapan bapak.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1. Foto Copy Ijazah terakhir
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Foto Copy KTP
4. Surat Keterangan Kelakuan Baik Dari Kepolisian
5. Foto Ukuran3x4, 2 lembar


Hormat saya,



Khairunnisa Azizah


Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel 2



Kepada Yth.,
Kepala Bagian Personalia
PT. Hotel Maharani
Jl. Mampang No. 50
Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi iklan harian Republika  pada 20 April 2015 tentang lowongan kerja sebagai Staff administrasi Hotel, maka dengan ini saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut. Berikut ini adalah data saya,
Nama Lengkap          : Khairunnisa azizah
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 20 Mei  1991
Alamat                       : Jl. H. Nawi Dalam III, No. 45
No Telp/Email            : 081-XXXX
Status                         : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir    : D3- Administrasi Perkantoran

Saya mampu mengoperasikan komputer dengan baik dan benar serta menguasai system administrasi perkantoran dengan baik. Dengan kemampuan ini saya berkeyakinan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut.
Saya sangat menantikan kesempatan untuk wawancara, dimana saya bisa menjelaskan seluruh potensi dan kemampuan diri saya  lebuh lanjut kepada bapak.
Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijazah terakhir
3. Sertifikat pelatihan yang pernah diikuti
3. Foto Copy KTP
4. Surat Keterangan Kelakuan Baik Dari Kepolisian
5. Foto Ukuran3x4, 2 lembar

Hormat saya,


Khairunnisa Azizah


Jika Anda ingin melamar di sebuah perusahaan, tentunya Anda akan dimintakan surat riwayat hidup atau daftar riwayat hidup atau istilah asingnya adalah curriculum vitae. Surat riwayat hidup ini tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat pendidikan Anda, pengalaman Anda dan kemampuan atau keahlian Anda. Daftar riwayat hidup ini adalah salah satu faktor penentu diterimanya anda pada sebuah pekerjaan yang Anda Inginkan.  Karena bagaimanapun pihak penyedia pekerjaan pastinya ingin mengetahui track record karir Anda. Lalu bagaimana sih membuat surat riwayat hidup atau daftar riwayat hidup itu? Berikut ini adal 2 contoh surat riwayat hidup yang bisa Anda jadikan acuan dalam pembuatan daftar riwayat hidup Anda.

contoh surat riwayat hidup


Contoh Surat Riwayat Hidup 1


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi 

Nama                                                 : Haeruman Azam
Jenis Kelamin                                     : Laki-laki
Tempat, tanggal lahir                          : Jakarta, 1 November 1990
Kewarganegaraan                              : Indonesia 
Status Perkawinan                              : Belum Menikah 
Tinggi, berat badan                             : 186 cm, 62 kg 
Agama                                               : Islam 
Alamat lengkap                                  : Jl. Wahyu II No. 10 J, Gandaria Selatan
Nomor Hp                                         : 085777794865
Email                                                  : azam041@gmail.com

Pendidikan 

Formal 
1996 - 2002                                          : SDN 1 Jakarta 
2002 - 2005                                          : SMPN 1 Jakarta
2005 - 2009                                          : SMAN 20 Jakarta
2009 - 2013                                          : Program Sarjana (S-1) Ekonomi Pembangunan IPB

Kemampuan 
Microsoft Word, Microsoft Excell, Akuntansi perdagangan, Administrasi
Kemampuan Bahasa Inggris (pasif)


Jakarta, 25 Juli 2013 

Haeruman Azam

Contoh Surat Riwayat Hidup 2


DAFTAR RIWAYAT HIDUP


DATA PRIBADI

Nama Lengkap                                              : ..................................................
Tempat, Tanggal Lahir                                    : ..................................................
Domisili                                                          : ..................................................
Jenis Kelamin                                                  : ..................................................
Agama                                                           : ..................................................
Status                                                             : .................................................. (belum menikah/menikah)
Tinggi / Berat Badan                                       : ..................................................
Telepon                                                          : ..................................................
e-mail                                                             : ..................................................
                                                           
RIWAYAT PENDIDIKAN
(1999) Lulus SDN 2 Pamulang- Tanggerang
(2001) Lulus SMPN 5 Ciputat- Tanggerang
(2004) Lulus SMAN 7 Ciputat- Tanggerang
(2007) Lulus STIKIM - Depok

KEMAMPUAN


Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook, internet)
Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills)
Bahasa Inggris Aktif

PENGALAMAN KERJA


PT. Angin Ribut, Jakarta
Jabatan : Admin
Periode : 2007-2010

PT. Abadi Selama lamanya
Jabatan : Kepala Staf Pergudangan
Periode : 2010-2012


Di atas adalah dua contoh surat riwayat hidup yang bisa Anda jadikan referensi ketika ingin melamar kerja. Silahkan bandingkan juga dengan contoh yang lain lalu temukan mana yang pas untuk Anda



Bhs.Indonesia - Cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja Bhs.Indonesia - Cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja Reviewed by Muhammad Alfian on 13.49 Rating: 5

1 komentar:

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH
    Assalamualaikum saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Email bpk dr sutanto akan di kirim setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 15.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    TERIMA KASIH

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.