PENGERTIAN SYAIR, CIRI-CIRI, JENIS DAN CONTOHNYA LENGKAP.

PENGERTIAN SYAIR, CIRI-CIRI, JENIS DAN CONTOHNYA LENGKAP.


Pengertian Syair - pengertian syair yaitu satu dari banyaknya puisi lama dan merupakan karangan terikat yang memehatikan irama sajak. Syair diadaptasi dari bahasa Arab yaitu “Syu’ur” yang berarti perasaan. Lalu kata syu’ur berkembang menjadi “syi’ru” yang berarti puisi. Di dalam kesastraan melayu, syair mengarah ke pengertian puisi umum, tetapi syair mengalami perubahan dan modifikasi sehingga syair mengikuti keadaan dan situasi yang terjadi sesuai perkembangan jaman
 pengertian syair
Ciri-Ciri Syair
Ciri-ciri syair yaitu :
  1. Tiap bait terdiri dari 4 baris.
  2. Tiap baris terdiri atas 4 kata.
  3. masing-masing baris terdiri dari 10 - 12 suku kata.
  4. Bersajak A-A-A-A atau B-B-B-B dan seterusnya.
  5. Semua baris, merupakan isi. Jadi tidak ada sampiran.
  6. Bahasa yang digunakan berupa bahasa kiasan.
  7. Biasanya berisi tentang cerita yang mengandung sebuah nasehat.

Jenis-Jenis Syair
Beberapa jenis syair diantaranya syair sejarah, syair romantis , syair kiasan, syair panji dan syair agama.

Syair Sejarah
Syair Sejarah ialah jenis syair yang dibuat berdasarkan peristiwa sejarah, tokoh atau tempat tempat bersejarah.
Contoh, Syair Perang Mengkasar, yang menceritakan tentang perang yang terjadi di Mengkasar pada tahun 1668 - 1669, atau Syair Kaliwungu yang berkisah tentang perang di Semarang pada tahun 1763, dan Syair Perang Palembang yang bercerita tentang penyerangan Belanda ke Kota Palembang pada tahun 1819 - 1821.

Syair Romantis
Syair romantis ialah syair yang berisi tentang kisah percintaan dan kasih sayang. Bisa juga bercerita tentang kisah cerita rakyat atau hikayat lama.
Contoh syair romantis antara lain  Bidasari, Syair Sinyor Kosta, Syair Yatim Nestapa, Syair Abdul Muluk, dan Syair Tajul Muluk.

Syair Kiasan
Syair kiasan ialah syair yang menggunakan kata kiasan. Kiasan ini digunakan untuk menyindir suatu kejadian, peristiwa ,  atau pelaku tertentu. Syair kiasan biasanya memakai perandaian objek tertentu seperti tanaman, hewan atau benda. Syair Kiasan juga sering disebut syair binatang dan bunga-bungaan.
Contoh dari Syair kiasan yaitu Syair Ikan Terubuk yang berupa syair sindiran untuk pangeran malaka yang menikahi putri siak. Syair kiasan lainya yaitu Syair Nyamuk dan Lalat, Syair Buah-buahan, Syair Burung Pungguk,  dan Syair Kumbang Melati.

Syair Panji
Syair panji ialah syair yang bercerita tentang kejadian peristiwa dan penghuni istana. Syair ini berupa syair pelipur lara yang bertema tentang kisah pengembaraan dan peperangan dan terkadang ada unsur percintaan.
Contoh syair panji yang bagus ialah syair Ken Tambunan, yang menceritakan tentang kisah percintaan Raden Puspa Kencana yang berparas seperti bidadari dan Ken Tambunan.

Syair Agama
ialah  jenis syair yang berisi tentang ajaran agama dan nasihat bijak. Tokoh terkenal yang menulis syair ini ialah Hamzah Fansuri. Syair agama ada beberapa macam, yaitu syair cerita nabi, syair sufi, syair ajaran islam dan syair nasihat.
Contoh syair agama antara lain Sair Perahu, Dagang, tabir mimpi , Raksi (syair ramalan kejadian), tabir mimpi dan syair Hamzah Fansuri.

Apakah anda suka menulis artikel atau cerita? ingin tau cara mencetak buku agar karya anda terkenal? langsung saya chat WhatsApp kami dan akan kami pandu caranya. klik link berikut untuk langsung ke whatsapp kami : http://lengkap.in/bisamenulis

Untuk melihat Artikel lainya kunjungi : https://artikel.alineaku.co.id/
PENGERTIAN SYAIR, CIRI-CIRI, JENIS DAN CONTOHNYA LENGKAP. PENGERTIAN SYAIR, CIRI-CIRI, JENIS DAN CONTOHNYA LENGKAP. Reviewed by Muhammad Alfian on 21.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.