B.Indonesia - Macam-macam Surat, Pengertian, Dan Contohnya.
Pengertian Surat Resmi
Disebut juga dengan surat dinas, yaitu media
komunikasi dalam bentuk tulisan yang digunakan dalam situasi formal/ resmi dan
dibuat sesuai dengan aturan-aturan tertentu yang sudah ada. Digunakan oleh
perusahaan, perorangan, organisasi, maupun instansi baik itu perusahaan milik
pemerintah maupun swasta.
Penggunaannya tidak digunakan semata-mata untuk
kepentingan pribadi (individu), tetapi untuk kepentingan dari sebuah organisasi
maupun instansi. Lalu kenapa perorangan bisa menggunakannya? Itu disebabkan
karena dibuat tidak secara asal-asalan serta mengikuti aturan-aturan tertentu.
Contohnya adalah undangan pernikahan. Setelah kalian bisa memahami penjelasan
di atas maka setelah ini akan saya uraikan bagaimana fungsi, ciri2, dan
terakhir jenis-jenisnya.
Setelah kalian bisa memahami penjelasan di atas
maka setelah ini akan saya uraikan bagaimana fungsi, ciri2, dan terakhir
jenis-jenisnya.
Fungsi
1. Merupakan sebuah sarana pemberitahuan, seperti
yang saya sampaikan diatas, bisa digunakan untuk menyampaikan hal-hal tertentu
seperti pemikiran dan gagasan.
2. Sebagai bukti tertulis, dalam hal ini digunakan
sebagai bukti otentik dalam bentuk dokumen yang isinya bisa dipertanggung
jawabkan (bisa dipercaya).
3. Pedoman kerja, maksudnya adalah untuk
menyampaikan langkah-langkah kerja dan digunakan sebagai pedoman dalam
melakukan pekerjaan tertentu.
4. Alat pengingat, yaitu digunakan sebagai kumpulan
data yang bisa mengingatkan penerima mengenai suatu hal, dalam hal ini surat
disimpan dan sewaktu-waktu akan dibutuhkan lagi untuk mengingatkan penerimanya.
5. Sebagai bukti historis, merupakan bukti
kronologis(perjalanan) yang jelas.
Mungkin kalian masih bingung membedakan mana
yang resmi / dinas mana yang tidak resmi (pribadi). Berikut saya jelaskan
dengan detail :
1. Menggunakan bahasa efektif, singkat, padat,
namun jelas bagaimana maksudnya. Menggunakan bahasa baku sesuai dengan kaidah
bahasa indonesia dan ejaan yang disempurnakan (EYD) baik frasa, kosakata, dan
tata bahasanya.
2. Menggunakan bahasa eksplisit bukan implicit
3. Disajikan dalam bentuk full block atau bisa
juga semi block/indented block
4. Memiliki kop surat apabila dikeluarkan oleh
lembaga resmi (instansi)
5. Terdapat nomor, lampiran, perihal, Tanggal,
alamat tujuan.
6. Pada kondisi tertentu disertai stempel atau cap
khusus
7. Dibuat dalam bentuk sistematis dan sesuai
dengan aturan baku Sumber:
Jenis
Jenis Surat Resmi
Fungsi
Surat resmi Surat Permohonan Digunakan untuk memohon sesuatu pada orang lain,
biasanya kepada atasan maupun pengadilan, karena memohon maka sifatnya
menginginkan sesuatu. Seperti : Permohonan perceraian, penelitian skripsi,
bantuan dana masjid, bantuan dana pembangunan gapura dll.
Surat Keputusan
Berisi
keputusan dari atasan berkenaan dengan hal-hal yang belum jelas, biasanya
berkaitan dengan lembaga atau instansi. Contoh : Keputisan pengangkatan
pegawai, SK Panitia dari kepala sekolah, Pengangkatan Pengurus dan Tenaga
Pengajar Pendidikan PAUD, dll.
Surat
Panggilan/undangan
Digunakan untuk memanggil atau mengundang
seseorang dalam kepentingan tertentu Kalian pasti sudah sering membaca undangan
seperti undangan pernikahan, pesta ulang tahun, khitanan dll. ataupun panggilan
polisi, kerja, interview, pegawai, dan lainnya.
Surat
Perintah
Seperti
namanya, berfungsi sebagai perantara pesan untuk memerintah atau
menginstruksikan bawahan/pegawai. Seperti : Perintah lembur, tugas siskamling,
perjalanan dinas (SPPD), tugas menjaga keamanan.
Surat
Kuasa
Pemberian kuasa atau wewenang dari pemilik
pada seseorang. Untuk pengertian surat kuasa yang lengkap bisa dilihat pada
link tersebut. Misal : pemberian kuasa atas pengambilan uang di bank,
pengambilan ijazah, pembayaran pajak, penerimaan kartu kredit dll.
Surat
Edaran
Pesan
tertulis yang ditujukan pada kelompok atau kalangan tertentu dengan
memberitahukan suatu hal/kegiatan. Contoh : Surat Edaran Pembentukan KPPS pada
Pemilu, Pengumuman Libur karena Ujian Sekolah. Itulah pembahasan saya mengenai
Pengertian Surat Resmi Lengkap
semoga bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya,
pahamilah setiap yang saya katakana diatas agar kalian tidak salah paham.
Terima Kasih.
Sumber:
http://contohsuratindonesia.com/pengertian-surat-resmi-lengkap-fungsi-jenis-dan-ciri-ciri/
Contoh surat resmi:
SMAN 8 Konoha
Jalan Ninja Naruto No.3 Konoha
Telp. 022-7304542 - Fax. 022-7304542
Nomor : 04/SMAN8/10/2011 Konoha, 22 Oktober 2011
Lampiran: 1 (satu)
Hal : Undangan
Yth. Orang tua siswa-siswi kelas XII
di tempat
Dengan hormat,
Untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang pertanian dan pelajaran IPA, kami bermaksud
mengadakan kegiatan wisata ilmiah. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan ke laboratorium UPI.
Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:
Tanggal : Sabtu, 5 November 2011
Pukul : 08.00 s.d. 16.30
Tempat : Hutan kematian Konoha
Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Kepala Sekolah
Ttd.
Dra. Hj. Uzumaki Naruto
2. Surat lamaran pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis seseorang kepada suatu instansi atau perusahaan dengan maksud melamar pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini:
SMAN 8 Konoha
Jalan Ninja Naruto No.3 Konoha
Telp. 022-7304542 - Fax. 022-7304542
Nomor : 04/SMAN8/10/2011 Konoha, 22 Oktober 2011
Lampiran: 1 (satu)
Hal : Undangan
Yth. Orang tua siswa-siswi kelas XII
di tempat
Dengan hormat,
Untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang pertanian dan pelajaran IPA, kami bermaksud
mengadakan kegiatan wisata ilmiah. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan ke laboratorium UPI.
Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:
Tanggal : Sabtu, 5 November 2011
Pukul : 08.00 s.d. 16.30
Tempat : Hutan kematian Konoha
Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Kepala Sekolah
Ttd.
Dra. Hj. Uzumaki Naruto
2. Surat lamaran pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis seseorang kepada suatu instansi atau perusahaan dengan maksud melamar pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini:
·
Tempat dan tanggal pembuatan
surat
·
Nomor surat
·
Lampiran
·
Hal atau perihal
·
Alamat tujuan
·
Salam pembuka
·
Isi surat yang terbagi lagi
menjadi tiga bagian pokok yaitu :
1.
paragraf pembuka
2.
isi surat
3.
paragraf penutup
·
Salam penutup
·
Tanda tangan dan nama terang
3. Surat perjanjian
Surat perjanjian adalah surat yang dibuat untuk kesepakatan antara dua belah pihak terhadap suatu hal.
4. Surat kuasa
Surat kuasa adalah surat yang dibuat untuk menjamin dan membuktikan seseoarang/lembaga bahwa telah diberikan kewenangan atau kuasa oleh suatu pihak terhadap sesuatu yang penting.
5. Surat dinas
Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi.[21] Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi. Ciri-ciri surat dinas:
a. Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
b. Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
c. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
d. Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
e. Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
f. Format surat tertentu
6. Surat Niaga
Surat niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.
7. Surat elektronik
Dengan berkembangnya teknologi, surat pun semakin mengalami pembaharuan, misalnya dengan adanya surat elektronik. Surat elektronik atau surel merupakan surat yang pengirimannya berbasis pada penggunaan internet. Pada awalnya, perusahaan bernama Olt Break and Newman dikontrak oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membuat ARPANET pada 1969. ARPANET ini singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang bertujuan untuk meciptakan metode komunikasi antara intitusi pendidikan dengan militer.
Pada tahun 1971, Ray Tolimson bertugas dalam proyek SNDMSG yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan dalam mesin yang sama. Ray awalnya bereksperimen dengan SNDMSG untuk meninggalkan pesan di komputer sehingga muncul lah protokol CYPNET yang mampu mengirimkan pesan ke komputer lain yang masih berada dalam jaringan ARPANET. Ini lah yang menjadi cikal bakal surat elektronik.
Dalam Bahasa Indonesia Surat Elektronik sering disingkat dengan kata surel, yang dalam bahasa inggrisnya adalah email atau electric mail.
Untuk mengakses surel, kita bisa memilih salah satu cara. Pertama dengan menggunakan browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Surel dengan basis browser biasanya menyediakan layanan tersebut secara gratis. Kedua dengan program pengakses surel seperti Microsoft Outlook. Keuntungannya kita tidak harus selalu membuka internet untuk membuka surel yang ada.
Demikian postingan dari saya tentang Pengertian Surat Dan Macam-Macamnya Lengkap semoga bermanfaat bagi agan.
B.Indonesia - Macam-macam Surat, Pengertian, Dan Contohnya.
Reviewed by Muhammad Alfian
on
14.57
Rating:
Tidak ada komentar: