B.Indonesia - Macam-macam Surat, Pengertian, Dan Contohnya.

Pengertian Surat Resmi

Disebut juga dengan surat dinas, yaitu media komunikasi dalam bentuk tulisan yang digunakan dalam situasi formal/ resmi dan dibuat sesuai dengan aturan-aturan tertentu yang sudah ada. Digunakan oleh perusahaan, perorangan, organisasi, maupun instansi baik itu perusahaan milik pemerintah maupun swasta.
Penggunaannya tidak digunakan semata-mata untuk kepentingan pribadi (individu), tetapi untuk kepentingan dari sebuah organisasi maupun instansi. Lalu kenapa perorangan bisa menggunakannya? Itu disebabkan karena dibuat tidak secara asal-asalan serta mengikuti aturan-aturan tertentu. Contohnya adalah undangan pernikahan. Setelah kalian bisa memahami penjelasan di atas maka setelah ini akan saya uraikan bagaimana fungsi, ciri2, dan terakhir jenis-jenisnya.
Setelah kalian bisa memahami penjelasan di atas maka setelah ini akan saya uraikan bagaimana fungsi, ciri2, dan terakhir jenis-jenisnya.

Fungsi
1.     Merupakan sebuah sarana pemberitahuan, seperti yang saya sampaikan diatas, bisa digunakan untuk menyampaikan hal-hal tertentu seperti pemikiran dan gagasan.
2.     Sebagai bukti tertulis, dalam hal ini digunakan sebagai bukti otentik dalam bentuk dokumen yang isinya bisa dipertanggung jawabkan (bisa dipercaya).
3.     Pedoman kerja, maksudnya adalah untuk menyampaikan langkah-langkah kerja dan digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pekerjaan tertentu.
4.     Alat pengingat, yaitu digunakan sebagai kumpulan data yang bisa mengingatkan penerima mengenai suatu hal, dalam hal ini surat disimpan dan sewaktu-waktu akan dibutuhkan lagi untuk mengingatkan penerimanya.
5.     Sebagai bukti historis, merupakan bukti kronologis(perjalanan) yang jelas.
Mungkin kalian masih bingung membedakan mana yang resmi / dinas mana yang tidak resmi (pribadi). Berikut saya jelaskan dengan detail :
1.     Menggunakan bahasa efektif, singkat, padat, namun jelas bagaimana maksudnya. Menggunakan bahasa baku sesuai dengan kaidah bahasa indonesia dan ejaan yang disempurnakan (EYD) baik frasa, kosakata, dan tata bahasanya.
2.     Menggunakan bahasa eksplisit bukan implicit
3.     Disajikan dalam bentuk full block atau bisa juga semi block/indented block
4.     Memiliki kop surat apabila dikeluarkan oleh lembaga resmi (instansi)
5.     Terdapat nomor, lampiran, perihal, Tanggal, alamat tujuan.
6.     Pada kondisi tertentu disertai stempel atau cap khusus
7.     Dibuat dalam bentuk sistematis dan sesuai dengan aturan baku Sumber:
Jenis Jenis Surat Resmi
 Fungsi Surat resmi Surat Permohonan Digunakan untuk memohon sesuatu pada orang lain, biasanya kepada atasan maupun pengadilan, karena memohon maka sifatnya menginginkan sesuatu. Seperti : Permohonan perceraian, penelitian skripsi, bantuan dana masjid, bantuan dana pembangunan gapura dll.
 Surat Keputusan
 Berisi keputusan dari atasan berkenaan dengan hal-hal yang belum jelas, biasanya berkaitan dengan lembaga atau instansi. Contoh : Keputisan pengangkatan pegawai, SK Panitia dari kepala sekolah, Pengangkatan Pengurus dan Tenaga Pengajar Pendidikan PAUD, dll.
Surat Panggilan/undangan
 Digunakan untuk memanggil atau mengundang seseorang dalam kepentingan tertentu Kalian pasti sudah sering membaca undangan seperti undangan pernikahan, pesta ulang tahun, khitanan dll. ataupun panggilan polisi, kerja, interview, pegawai, dan lainnya.
Surat Perintah
 Seperti namanya, berfungsi sebagai perantara pesan untuk memerintah atau menginstruksikan bawahan/pegawai. Seperti : Perintah lembur, tugas siskamling, perjalanan dinas (SPPD), tugas menjaga keamanan.
Surat Kuasa
 Pemberian kuasa atau wewenang dari pemilik pada seseorang. Untuk pengertian surat kuasa yang lengkap bisa dilihat pada link tersebut. Misal : pemberian kuasa atas pengambilan uang di bank, pengambilan ijazah, pembayaran pajak, penerimaan kartu kredit dll.
Surat Edaran
 Pesan tertulis yang ditujukan pada kelompok atau kalangan tertentu dengan memberitahukan suatu hal/kegiatan. Contoh : Surat Edaran Pembentukan KPPS pada Pemilu, Pengumuman Libur karena Ujian Sekolah. Itulah pembahasan saya mengenai Pengertian Surat Resmi Lengkap
semoga bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya, pahamilah setiap yang saya katakana diatas agar kalian tidak salah paham. Terima Kasih.
Sumber: http://contohsuratindonesia.com/pengertian-surat-resmi-lengkap-fungsi-jenis-dan-ciri-ciri/
Contoh surat resmi:

 SMAN 8 Konoha
                                  Jalan Ninja Naruto No.3 Konoha
                               Telp. 022-7304542 - Fax. 022-7304542


Nomor   : 04/SMAN8/10/2011                                               Konoha, 22 Oktober 2011

Lampiran: 1 (satu)
Hal     : Undangan

Yth. Orang tua siswa-siswi kelas XII

di tempat

Dengan hormat,


Untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang pertanian dan pelajaran IPA, kami bermaksud

mengadakan kegiatan wisata ilmiah. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan ke laboratorium UPI.
Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:

Tanggal         : Sabtu, 5 November 2011

Pukul           : 08.00 s.d. 16.30
Tempat          : Hutan kematian Konoha

Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.


                                                                        Hormat saya,

                                                                       Kepala Sekolah

                                                                             Ttd.



                                                                    Dra. Hj. Uzumaki Naruto

2. Surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis seseorang kepada suatu instansi atau perusahaan dengan maksud melamar pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini:



·                     Tempat dan tanggal pembuatan surat
·                     Nomor surat
·                     Lampiran
·                     Hal atau perihal
·                     Alamat tujuan
·                     Salam pembuka
·                     Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :


1.                  paragraf pembuka
2.                  isi surat
3.                  paragraf penutup



·                     Salam penutup
·                     Tanda tangan dan nama terang

3. Surat perjanjian

Surat perjanjian adalah surat yang dibuat untuk kesepakatan antara dua belah pihak terhadap suatu hal.

4. Surat kuasa

Surat kuasa adalah surat yang dibuat untuk menjamin dan membuktikan seseoarang/lembaga bahwa telah diberikan kewenangan atau kuasa oleh suatu pihak terhadap sesuatu yang penting.

5. Surat dinas

Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi.[21] Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi. Ciri-ciri surat dinas:

a. Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
b. Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
c. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
d. Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
e. Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat

f. Format surat tertentu


6. Surat Niaga

Surat niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.

7. Surat elektronik

Dengan berkembangnya teknologi, surat pun semakin mengalami pembaharuan, misalnya dengan adanya surat elektronik. Surat elektronik atau surel merupakan surat yang pengirimannya berbasis pada penggunaan internet. Pada awalnya, perusahaan bernama Olt Break and Newman dikontrak oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membuat ARPANET pada 1969. ARPANET ini singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang bertujuan untuk meciptakan metode komunikasi antara intitusi pendidikan dengan militer.

Pada tahun 1971, Ray Tolimson bertugas dalam proyek SNDMSG yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan dalam mesin yang sama. Ray awalnya bereksperimen dengan SNDMSG untuk meninggalkan pesan di komputer sehingga muncul lah protokol CYPNET yang mampu mengirimkan pesan ke komputer lain yang masih berada dalam jaringan ARPANET. Ini lah yang menjadi cikal bakal surat elektronik.


Dalam Bahasa Indonesia Surat Elektronik sering disingkat dengan kata surel, yang dalam bahasa inggrisnya adalah email atau electric mail.



Untuk mengakses surel, kita bisa memilih salah satu cara. Pertama dengan menggunakan browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Surel dengan basis browser biasanya menyediakan layanan tersebut secara gratis. Kedua dengan program pengakses surel seperti Microsoft Outlook. Keuntungannya kita tidak harus selalu membuka internet untuk membuka surel yang ada.

Demikian postingan dari saya tentang 
Pengertian Surat Dan Macam-Macamnya Lengkap semoga bermanfaat bagi agan.
B.Indonesia - Macam-macam Surat, Pengertian, Dan Contohnya. B.Indonesia - Macam-macam Surat, Pengertian, Dan Contohnya. Reviewed by Muhammad Alfian on 14.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.